Audio visual dapat diartikan merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual), dibutuhkan beberapa peralatan untuk dapat menyajikan hal ini. Film dan program televisi adalah beberapa contoh dari penyajian audio visual ini

Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain. Langkah penggunaan media audiovisual, guru memberi pertanyaan pada siswa di awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa, guru menayangkan media audiovisual, guru menjelaskan materi dan guru memberi pertanyaan kepada siswa. Kegiatan penutup dilakukan dengan memberikan evaluasi.

Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain.

Media audio-visual dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Audio sebagai bahan ajar telah tersedia dalam berbagai ilmu, sehingga dapat dengan mudah dijadikan sebagai penunjang atau alat bantu dalam proses pembelajaran

Pemilihan media audio yang baik menurut Setiana (2012) diantaranya adalah, tersedia dimana-mana dan mudah digunakan, menyediakan pesan lisan untuk meningkatkan pembelajaran, c) memudahkan penyiapan mata pelajaran, tahan kerusakan, e) bisa diulang, f) dapat merangsang siswa.

Media Audio visual yang digunakan sudah sesuai dengan peran fungsi dan manfaat media audio visual yaitu berperan sebagai sarana proses belajar menjadi lebih mudah dalam memahami objek, peristiwa, ataupun materi yang dibutuhkan dalam pembelajaran, berfungsi untuk mengarahkan perhatian peserta didik untuk berkonsentrasi .

media visual adalah media yang menampilkan suatu gambar/objek dan semacamnya, yg dapat dilihat oleh orang lain. sedangkan media audio visual media yang dapat dilihat dan didengar orang lain, contohnya video. 

Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah meda audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan

Media pembelajaran memiliki jenis-jenis yang berbeda secara umum media bercirikan tiga unsur pokok, yaitu: suara, visual, dan gerak. Menurut Rudy Brets, ada 7 (tujuh) klasifikasi media, yaitu:

1. Media audio visual gerak, seperti: film suara, pita video, film, tv.

2. Media audio visual diam, seperti: film rangkai suara, halaman suara.

3. Audio semi gerak seperti: tulisan jauh bersuara.

4. Media visual bergerak, seperti: film bisu.

5. Media visual diam, seperti: halamman cetak, foto, microphone, slide bisu.

6. Media audio, seperti: radio, telepon, pita audio.

7. Media cetak, seperti: buku, modul, bahan ajar mandiri.

Karakteristik media yang tepat antara lain :

1. Media mampu membawa sejumlah isi pesan harapan.

2. Media memuat nilai dan moral.

3. Media disusun sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era globalisasi.

4. Media menggunakan pembelajaran yang nyata.

5. Media mampu menarik minat dan perhatian siswa.

6. Media mampu membuat siswa berfikir kritis.

7. Terjangkau oleh kemampuan belajar siswa.


Menurut Wati (2016: 46) Media audio visual terbagi menjadi dua macam yaitu:

1. Audio visual murni, merupakan media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak, dimana berasal dari satu sumber. Contoh dari audio visual murni adalah film bersuara, video, televisi.

2. Audio visual tidak murni, merupakan sebuah media yang unsur gambar dan suaranya berasal dari sumber yang berbeda. Contohnya adalah slide atau film strip.

(Busyaeri, et. al., 2016: 129) Karakteristik dan manfaat dari media video adalah :

1. Mengatasi jarak dan waktu

2. Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu singkat

2. Dapat membawa siswa berpetualang

4. Dapat diulang-ulang

4. Pesan yang disampaikan mudah diingat

6. Mengembangkan daya pikir anak

7. Mengembangkan imajinasi

8. Memperjelas hal-hal yang abstrak

9. Berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibahas di kelas

10. Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas anak.

____________

 1.Audio visual - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

2.https://www.kompasiana.com/atikatriwijayanti/5db97726d541df03e32de3b2/peranan-media-audio-visual-pada-proses-pembelajaran

3.https://lismurtini270992.wordpress.com/2013/06/18/media-audio-visual-dan-multimedia/

4.https://retizen.republika.co.id/posts/16441/karakteristik-media-audio-visual-audio-visual

5.https://retizen.republika.co.id/posts/16441/karakteristik-media-audio-visual-audio-visual