Kepemimpinan adalah salah satu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan, oleh sebab itu kemampuan memahami, memimpin secara efektif merupakan kunci untuk menjadi seorang manajer yang efektif.[1] Kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi dan melakukan interaksi saling mempengaruhi dengan para pengikutnya untuk merealisasikan visi.[2] Seorang manajer atau kepala sekolah pada hakekatnya adalah seorang perencana, organisator, pemimpin dan seorang pengendali.[3]

Kepala sekolah adalah salah satu komponen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu kepala sekolah hendaknya memahami betul apa yang menjadi tugas dan perannya disekolah.

Tugas dan peran yang berkenaan dengan manajemen kurikulum terdapat pada kompetensi manajerial, yaitu:

a. Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan

b. Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan

c. Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pemberdayagunaan sumberdaya sekolah/madrasah secara optimal

d. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

e. Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

f. Mengelola guru dan staf dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal

g. Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pemberian dukungan ide, sumber belajar, dan pembinaan sekolah/madrasah

h. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru serta penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik

i. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

j. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efesien

k. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung tujuan pencapaian sekolah/madrasah

l. Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik disekolah dan madrasah

m. Mengelola system informasi sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

n. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah dan

o. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat serta merencanakan tindak lanjut.[4]




[1] Wahjosumidjo (2011), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Grapindo Persada, hal. 104


[2] Wirawan (2013), Kepemimpinan (Teori, psikologi, prilaku organisasi, Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Rajagrapindo Persada, hal. 7


[3] Wahjosumidjo, Kepemimpinan…, hal. 103


[4] Rusman (2012), Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, hal.11