Terdapat banyak memfaat dalam metode bercerita. Cerita sangat diperlukan membantu para peserta didik dalam memahami materi yang di ajarkan di Taman Kanak-kanak. Manfaat metode bercerita di Taman Kanak-kanak adalah sebagai berikut:[1]
a. Kegiatan bercerita memberikan pengetahuan social nilai-nilai moral keagamanan
b. Kegiatan bercerita memberikan pengalaman untuk melatih pendengaran
c. Memberikan pengalaman belajar dengan menggunakan metode bercerita memungkinkan anak mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.
d. Memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik serta dapat mengatakan perasaan, membangkitkan semangat dan menimbulkan keasikan tersendiri.
Bagi anak usia Taman Kanak-Kanak mendengarkan cerita yang menarik yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Guru dapat memanfaatkan kegiatan bercerita untuk menanamkan kejujuran, keberanian dan nilai-nilai sosial. Memberi pengalaman belajar dengan menggunakan metode bercerita memungkinkan anak untuk memberikan kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor masing-masing anak. Bila anak berlatih untuk mendengarkan dengan baik, maka anak akan berlatih untuk menjadi pendengar dan kreatif dan kritis.
.......................
[1] Madeyawati Lilis, Srategi Pengembangan Bahasa pada Anak, (Jakarta: Kencana, 2016), hal. 168
a. Kegiatan bercerita memberikan pengetahuan social nilai-nilai moral keagamanan
b. Kegiatan bercerita memberikan pengalaman untuk melatih pendengaran
c. Memberikan pengalaman belajar dengan menggunakan metode bercerita memungkinkan anak mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.
d. Memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik serta dapat mengatakan perasaan, membangkitkan semangat dan menimbulkan keasikan tersendiri.
Bagi anak usia Taman Kanak-Kanak mendengarkan cerita yang menarik yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Guru dapat memanfaatkan kegiatan bercerita untuk menanamkan kejujuran, keberanian dan nilai-nilai sosial. Memberi pengalaman belajar dengan menggunakan metode bercerita memungkinkan anak untuk memberikan kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor masing-masing anak. Bila anak berlatih untuk mendengarkan dengan baik, maka anak akan berlatih untuk menjadi pendengar dan kreatif dan kritis.
.......................
[1] Madeyawati Lilis, Srategi Pengembangan Bahasa pada Anak, (Jakarta: Kencana, 2016), hal. 168