Pengertian Media Pembelajaran

Media dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “alat; alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk; perantara penghubung”.
[1] Keberhasilan suatu proses belajar mengajar salah satu penyebabnya adalah karena adanya penggunaan media atau perantara dalam proses belajar mengajar tersebut. Karena “dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting”.[2]

Dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan ketidakjelasan bahan atau materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara, kerumitan bahan atau materi yang akan disampaikan kepada peserta didik pun dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media juga dapat mewakili apa yang kurang terutama dalam menyampaikan bahan pelajaran yang diucapkan dengan kata-kata tertentu.

“Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Medoe adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan”.[3] Media juga disebut sebagai alat peraga, audio visual, instruksional material atau sekarang ini media lebih dikenal dengan media pembelajaran atau media instruksional.

Berdasarkan batasan yang disampaikan di atas mengenai media, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian media pembelajaran adalah secara bentuk komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber kepada anak didik yang bertujuan agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian anak didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Budianto
---------------------------------------------------------------


[1] Depdiknas (2007) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, hal. 726


[2]Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, hal. 136


[3] Arif S Sadiman, dkk (2010) Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, , Cet. 10. Jakarta: Rajawali Pers, hal. 6