Strategi dapat diarti sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk mencapai tujuan. Strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang kondusif kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan tujuan pembelajaran.
[1] Strategi juga diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang serangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.[2] Strategi dalam penelitian ini adalah suatu upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelola kelas untuk memberikan rasa kondusif pada anak dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Berbicara masalah strategi guru, pembahasan awal adalah mengenai guru dan kompetensinya sebagai pelaku dan pelaksana pencapaian tujuan pembelajaran melalui pengorganisian kelas.



Guru adalah orang yang berpengalaman dalam profesinya, dengan keilmuan yang dimilikinya dia dapat menjadikan anak didik menjadi orang yang cerdas.[3] Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 74 Tahun 2008 tentang guru dalam Bab I ketentuan umum dipasal 1 menjelaskan bahwa “ guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik,mengajar, dan membimbing, mengararahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.



Pendidik (guru) Taman Kanak-kanak adalah pendidik yang bertugas di berbagai jenis layanan baik pada jalur pendidikan formal maupun non formal seperti, TK/RA, KB, TB dan bentuk lain yang sederajat.[4] Pendidik dalam konteks ini adalah setiap orang yang melakukan bimbingan, pembinaan, dan pengasuhan terhadap anak usia dini yang diwujudkan melalui proses pembelajaran yang telah direncanakan.


HASANAHTUN

-------------------------------------------------------

[1]Hamdani (2011),Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, hal.18


[2] Sutarjo Adi Susilo (2012), Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: Rajawali Press, hal.85


[3] Syaiful Bahri Djamarah dalam Windisyah Putra (2014), Menghadirkan Lembaga PAUD Ideal di Indonesia, Takengon: Media Utama, hal.166


[4] Muhammad Fadlillah (2012), Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik dan Praktik, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal.80