Pendidikan akhlak menurut konsep Islam merupakan proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, yang dijalankan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya pendidikan akhlak maka seseorang yang menerima pendidikan tersebut mampu menyesuaikan dengan tuntunan agama, terutama yang menyangkut tentang pendidikan akhlak, selain untuk membentuk kepribadian seseorang namun mampu juga membentuk tingkah laku yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Pengertian pendidikan akhlak menurut konsep Islam bahwa "Pendidikan akhlak berarti usaha-usaha secara sistimatis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam".[2] Secara kebahasaan pengertian pendidikan akhlak adalah yang mempengaruhi manusia untuk menjadi pribadi yang berkualitas baik dan menyandang derajat mulia.  Adapun menurut pendapat Abdurrahman Al-Nahlawy memberikan pengertian pendidikan akhlak menurut konsep Islam.

Kata tarbiyah berasal dari tiga kata yaitu pertama dari kata "Rabba, Yarbu, yang berarti dimilikinya, kedua dari kata "Rabbiya", Yarbi" berarti menjadi besar, karena pendidikan dalam Islam juga mengandung misi untuk membesarkan jiwa dan memperluas wawasan seseorang dan ketiga dari kata "Rabba Ya Rubbu" yang berarti memperbaiki, menguasai urusan, menjaga dan memelihara"[3].

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas lagi dibawah ini kemukakan beberapa pengertian dari pendidikan menurut konsep Islam dari beberapa sumber antara lain:
1.      Pendidikan akhlak dalan konsep Islam adalah membimbing jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut hukum-hukum agama Islam.
2.      Pendidikan akhlak dalan konsep Islam adalah untuk membentuk individu bercorak diri, memiliki derajat tingi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ukuran-ukuran Islam.
3.      Pendidikan akhlak dalan konsep Islam adalah, segala usaha untuk terbentuknya atau membimbing dan menuntun rohani dan jasmani menurut ajaran Islam.
4.      Pendidikan dalan konsep Islam adalah, sesuatu yang diarahkan kepada terbentuknya keperibadian anak untuk mengetahui tentang ajaran Islam. [4]

Berdasarkan pengertian pendidikan menurut konsep Islam yang telah dipaparkan di atas pendidikan Islam adalah suatu usaha yang dilakukan dan persiapan yang diberikan kepada seseorang dan kelompok secara sistimatis dalam membantu dan membina pendidikan supaya berkepribaian yang luhur, berakhlak mulia, baik antara manusia dengan lingkungan,  terlebih lagi antara manusia dengan penciptanya (Allah SWT).  




[1] Ahmad Tafsir, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, ( Bandung : Remaja Rosda Karya, 2011),  hal. 10
[2] Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Malang: Biro Ilmiah, 1991), hal. 25.
[3] Abdurrahman Al-Nahlawy, Pendidikan Dalam Propektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994), hal. 29.
[4]Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma'arif, 1991), hal. 20.