Bahasa merupakan kebutuhan bangsa untuk mencapai suatu kemajuan, karena hanya dengan bahasa kita bisa mengenal berbagai ilmu dan keahlian. Untuk itu sangatlah penting kita bisa menguasai berbagai bahasa, lebih-lebih bahasa yang sudah populer, misalnya seperti bahasa arab dan bahasa inggris. Dua bahasa ini sangat berpengaruh untuk memajukan suatu lembaga pendidikan, baik itu umum maupun madin.



Salah satu kekurangan diIndonesia dalam segi pendidikan ialah: dalam sekolah madin pembelajarannya lebih mengedepankan bahasa arab, dan tidak mau tau dengan bahasa inggris. Begitupun sebaliknya, dalam sekolah umum lebih mengedepankan bahsa inggris dan tidak mau tau dengan bahasa arab.


Kekurangan ini bisa membuat indonesia ketinggalan jauh dari negara lain, baik dalam bidang teknologi maupun dalam bidang bisnis. Karena kemampuan berbicara orang indonesia sangat kurang ketika berbincang-bincang dengan orang asing.


Maka dari itu saya sangat setuju jika Al-khoirot mengadakan progam tambahan bahasa inggis. Karena seandainya tim pramuka kita ada yang bisa berbahasa inggris, kemungkinan besar tim pramuka Al-Khoirot bisa menggondol juara satu umum sekabupaten malang, akan tetapi tim pramuka kalah dalam salah satu perlombaan bahasa inggris tersebut. Dikarenakan tim pramuka Al-Khoirot tidak ada yang bisa berbahasa inggris.


Untuk itu, saya merasa bahasa inggris tidak kalah pentingnya dengan bahasa arab, karena dalam efen apapun pasti ada bahasa inggris, disamping itu jika santri Al-Khoirot bisa menguasai bahasa arab dan inggris, dalam waktu dekat Al-Khoirot akan berkembang pesat dan maju.


Penyelengaraan progam mungkin bisa bergantian dengan bahasa arab, dalam tiga hari bahasa inggris dan empat hari kemudian bahasa arab. Atau bisa bergantian dengan cara hari senen bahasa arab hari selasanya bahasa inggris dan seterusnya.


Akan tetapi yang saya takutkan, dipesantren Al-Khoirot kegiatan terlalu padat. Saya takut, para santri druop dan depresi karena terlalu banyak pikiran. Mungkin progam ini bisa diadakan setelah para santri sudah menguasai bahasa arab. Untuk menjaga pikiran santri agar tidak terlalu pusing dalam belajar